Kamis, 11 Juli 2013

Kesetiaan



     “Terkadang kita lebih memilih untuk pergi sementara hati masih ingin bertahan
Terkadang kita juga lebih memilih bulan dibanding bintang yang selalu menyinari dengan sinarnya sendiri….
Terkadang kita lebih memilih meninggakan orang yang kita sayang demi seseorang yang kita suka…”

   Sebenarnya apasih makna kesetiaan? Apa kesetiaan bentuk dari kasih sayang atau rasa ingin memiliki satu sama lain? Terkadang cinta yang mengatas dasari kesetiaan tetapi, mengapa cinta yang mengingkari? Terkadang juga kesetiaan diucap sebagai janji tetapi, banyak yang mengingkari. Apa masih pantas kita mengucap kesetiaan? Banyak diantara kita yang terkadang lupa akan arti kesetiaan. Kita terkadang lupa apa yang telah kita ucapkan. Aku mengerti, dan kalian juga tau itu bukan? Emas memang  bukan satu-satunya barang yang berkilau di dunia ini, masih ada permata, berlian, dan lain sebagainya yang tentunya lebih menarik daripada emas. Sebelum kita mengenal berlian atau permata, bukannya lebih dulu kita mengenal emas? Kita memuji barang berkilau itu bahkan kita selalu membanggakannya tetapi, saat kita mengenal permata atau berlian apakah kita masih memuji kilauan emas?
   Mungkin diantara kalian masih ada yang memuji emas dan terus memuji emas. Tapi…. Banyak diantara kalian yang lebih memilih untuk memiliki berlian atau permata daripada emas. Kalian terkecoh dengan kemilaunya? Tentu, aku pun tidak mengungkiri itu. Tetapi alangkah baiknya kita lebih memilih bukan karena sesuatu berkilau, dan bukan karena berharga jual tinggi. Itu mungkin hanya makna kiasan yang aku bagikan, kalian bisa memahaminya sendiri. Itu pendapat ku tentang apa itu kesetiaan.
   Kita setia bukan atas dasar materi, bukan atas dasar rasa ingin memiliki, bukan atas dasar aku sayang kamu atau aku cinta kamu tapi, atas dasar komitmen untuk saling melengkapi, untuk saling menghargai satu sama lain. Dan satu lagi tidak seharusnya kita memilih meninggalkan orang yang kita sayang atau orang yang sayang sama kita demi sesuatu yang bersinar lainnya, sebenarnya yang bersinar itu tak selalu indah. Hanya saja manusia selalu memiliki rasa nafsu ingin memiliki sesuatu yang bersinar.
  Tetapi, semua itu aku kembalikan kepada kalian. Sebenarnya kesetiaan itu tidak sesederhana yang kita pikirkan, tidak semudah kelihatannya, kesetiaan memang tak lebih dari sepuluh huruf dalam satu katanya tapi maknanya lebih dari sepuluh kata, bahkan lebih dari sepuluh kalimat untuk menjelaskannya. Itu tadi pendapat ku, aku serahkan kepada kalian kembali, bagaimana kalian akan mengerti maknanya. Terimakasih sudah membaca, tunggu cerita selanjutnya ya.


0 komentar:

Posting Komentar